Selasa, 08 Juli 2014

Ilmu Teknik Arsitektur dan Ilmu Seni Rupa Murni

     Arsitektur dan Seniman mempunyai pekerjaan yang hampir sama, yaitu membuat suatu karya yang bernilai Estetika. Adapun perbedaannya :




     Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut. 


   Menurut Marcus Vitruvius Pollio, ada 3 dasar pemikiran Arsitek, yaitu Utilitas, Firmitas, Venustas. Utilitas bisa diartikan sebagai fungsi, maksudnya Arsitek harus mengetahui kegunaan bangunan yang akan didesainnya. Firmitas bias diartikan sebagai kekokohan, jadi berkaitan dengan struktur, struktur itu bagian yang sangat vital dalam suatu bangunan, tentu saja keselamatan pengunjung/owner saat berada di dalam bangunan tergantung pada kelayakan struktur tersebut. Venustas bias diartikan dengan keindahan atau estetika, jadi venustas berhubungan erat dengan seni. Arsitektur dapat dikatakan sebagai keseimbangan dan koordinasi antara ketiga unsur tersebut, dan tidak ada satu unsur yang melebihi unsur lainnya. Dalam definisi modern, arsitektur harus mencakup pertimbangan fungsi, estetika, dan psikologis. Namun, dapat dikatakan pula bahwa unsur fungsi itu sendiri di dalamnya sudah mencakup baik unsur estetika maupun psikologis.





  Sedangkan Seni murni hanya mempunyai dasar pemikiran Venustas (keindahan/estetika). Jadi, seni murni adalah seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya. Seni murni mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh adalah lukisan, kaligrafi, dan patung. Seni murni tidak untuk dimanfaatkan sebagai alat bantu lain. Yang dimanfaatkan pada seni ini adalah nilai keindahannya. Menurut sejarah, 5 seni murni terbesar adalah lukisan, patung, arsitektur, musik, dan puisi dengan seni-seni minor termasuk drama dan tari.

Tugas Mata Kuliah Pengantar Arsitektur di Semester 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar